ANITA AL AZHAR,S.Pd.
SOAL PILIHAN
GANDA
1. Perkembangan motorik adalah
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh
tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan
dan pengendalian gerakan tubuh
C. Berkembang sejalan dengan kematangan
saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks
dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak
2. Ada lima pusat kontrol yang mengatur
setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh
tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
3. Karakteristik perkembangan motorik
halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun
bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis
silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
4. Karakteristik perkembangan motorik
kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki
bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus
di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit
D. Melompat dengan satu kaki
5. Salah satu faktor yang mempengaruhi
perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan
tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau
modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat
gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk
tubuh dan kecerdasan
6. Perkembangan sosial adalah \
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan
tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang
sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain
atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota
kelompok sosial
7. Proses sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan
yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang sesuai
dengan standar perilaku yang diterima
8. Bagaimanakah gambaran orang yang
sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran
orang lain
B. Orang yang kesepian jika berada
seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata
karena berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan
keberhasilan dalam proses sosialisasi
9. Mengapa
keluarga mempunyai peran
penting dalam proses
sosialisasi anak?
- Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama
- Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
- Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
- Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
10. Gaya pengasuhan yang mendorong
anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian
atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
11. Emosi menurut Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri
seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni
benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang
melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak
tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau
pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta
serangkaian kecenderungan untuk bertindak
12. Anak-anak menggunakan emosi untuk
menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk
dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
13. Faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar
D. Faktor intelektual dan sosial
14. Apabila tuntutan dari luar
berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
15. Mampu memuji, memberi semangat, atau
menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
16. Menurut Jean Piaget, anak yang
membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D.
Progressivisme
17. Anak usia taman kanak-kanak berada
pada tahap perkembangan
A. Praoperasional
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor
18. Proses penyerapan informasi baru ke
dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
a. Ekuilibrium
b. Akomodasi
c. Adaptasi
d. Asimilasi
19. Anak yang sudah mulai dapat
membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang
usia
A. 4-5
tahun
B. 2-3
tahun
C. 3-4
tahun
D. 5-6
tahun
20. Pembelajaran yang paling tepat untuk
mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar membaca, menulis dan
berhitung
B. Memberi kesempatan pada anak untuk
memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran
C. Memberikan pekerjaan rumah agar anak
dapat belajar di rumah
D. Memberi pelajaran sebagai persiapan
masuk sekolah dasar
21. Bagaimanakah cara anak memperoleh
bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang dewasa dan
menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)
22. Salah satu komponen bahasa yang
menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah
A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik
23. Semantik sebagai salah satu komponen
bahasa adalah
a. Susunan kata, organisasi kalimat,
dan elemen lain suatu kalimat
b. Suatu pengertian yang mengacu pada
susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
c. Suatu sistem aturan yang mengatur
suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata
d. Berkaitan dengan kaidah yang
membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata
24. Teori yang menyatakan bahwa semua
anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
25. Yang tidak termasuk dalam
prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan
sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap
perkembangan anak adalah
A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk membantu
perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan
memberikan pelajaran baca dan menulis
26. Yang tidak termasuk kreativitas
adalah
A. Kemampuan seseorang untuk
menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru,
dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif
sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman Cara berpikir yang
bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier Cara berpikir
yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human
C. Salah satu unsur kreativitas adalah
Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup
kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan,
bukan fantasi semata Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban
dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk
ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
27. Pengembangan kreativitas akan
berhasil jika
- Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani belahan otak kiri pada
anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran pada anak usia dini
dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak
D. Pembelajaran anak usia dini kurang
memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi
28. Yang tidak termasuk dalam
karakteristik kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai kekuatan energi fisik yang
memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga
bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat
bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah
C. Sangat bersemangat (passionate) bila
menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas
sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap
hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang
luar biasa
29. Yang tidak termasuk dalam strategi
empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A. Pribadi
B. Proses
C. Pendorong
D. Prosedur
SOAL
URAIAN
1. Jelaskan
apa hakikat anak usia dini?
2. Jelaskan
makna pendidikan anak usia dini?
3. Sebutkan
dan jelaskan fungsi pendidikan anak usia dini?
4. Apa
yang dimaksud dengan otoaktivitas? Dan menurut anda bagaimana memunculkan
otoaktivitas pada anak!
5. Mengapa
pendidikan anak usia dini mengembangakan fungsi panca indra?
6. Menurut
pendapat anda prinsip apa saja yang paling mendasar dalam memberikan kegiatan
dalam pembelajaran anak usia dini?
7. Apa
yang dimaksud belajar dalam pendidikan anak usia dini?
8. Jelaskan
pengembangan kurikulum yang dapat diberikan pada pendidikan anak usia dini?
9. Sebutkan
dan Jelaskan metode pembelajaran yang dapat diberikan untuk anak usia dini?
10. Jelaskan
pandangan dasar yang dikemukakan oleh Pestalozzi, Frobel dan Jan Lighthart?
11. Menurut
pendapat anda apa perbedaan dan persamaan sistem pengajaran dari ketiga tokoh
tersebut?
12. Jelaskan
suasana yang harus diciptakan dalam pengajaran Frobel, serta berikan contoh
kongkritnya?
13. Konsep
dasar apa yang dikembangkan pada pengajaran barang sesungguhnya yang dikemukakan
oleh Jan Lighthart?
14. Sebutkan
dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pengajaran Montessori, Helen
Parkhust, dan John Dewey?
15. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan masa peka?
16. Apa
yang dimaksud dengan kebebasan dalam model pengajaran Montessori?
17. Apa
yang dimaksud dengan ‘learning by doing’?
18. Menurut
pendapat anda mengapa dalam pengajaran Montessori, panca indra merupakan pintu
gerbang masuknya pengetahuan?
19. Sebutkan
dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pembelajaran Kilpatrick dan Decroly?
20. Menurut
pendapat anda model pengajaran simbiotis sama dengan barang sesungguhnya atau
tidak? Berikan alasannya!
21. Menurut
pendapat anda anak usia dini dapat diberikan pengenalan membaca, menulis, serta
berhitung permulaan?
22. Apa
yang dimaksud dengan keterkaitan dalam model pengajaran Decroly?
23. Berikan
contoh kongkrit dari bentuk pengajaran proyek Kilpatrick?
24. Jelaskan
secara singkat inti dari proses sosialisasi! Beri contoh!
25. Jelaskan
secara singkat faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan tuntutan
sosial pada anak usia dini!
26. Jelaskan
tentang peran keluarga dalam proses sosialisasi!
27. Menurut
Anda, gaya pengasuhan yang mana yang paling tepat digunakan didalam keluarga
untuk dapat mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini?
28. Mengapa
guru TK perlu memahami perkembangan emosi anak usia dini? Jelaskan secara
singkat dan beri contoh!
29. Bagaimanakah
cara mengetahui anak yang sedang gembira dan sedih? Jelaskan dan beri contoh!
30. Bagaimanakah
cara menangani anak yang sedang marah karena diganggu oleh temannya? Jelaskan
dan beri contoh!
31. Bagaimanakan
perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun? Jelaskan dan beri contoh!
32. Bagaimanakah
sebaiknya orangtua melatih anak untuk mengembangkan bahasa anak sejak dini?
Jelaskan dan beri contoh!
33. Mengapa
kreativitas perlu dikembangkan? Jelaskan dan beri contoh!
34. Bagaimanakah
cara mengembangkan kreativitas anak? Jelaskan dan beri contoh!
Sumber : PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) SERTIFIKASI
GURU DALAM JABATAN TAHUN 2008 TAMAN KANAK-KANAK
POSTED BY
ANITA AL AZHAR
EXCEL LIBERTY HASAN
NASTAINUL HASAN
1 komentar:
MAKASIH UDAH MEMBERI GAMBARAN KE KAMI
Posting Komentar